in

Rektor Uniga Ajak Generasi Z Sambut Pemilu Jangan Golput

_Pergunakan Hak Pilih dengan Bijak_

Rektor Universitas Garut Abdusy Syakur Ajak Generasi Z jangan Golput

GARUTEXPO – Rektor Universitas Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng., IPU, mengajak generasi Z untuk aktif berpartisipasi dalam Pemilu yang akan digelar pada 14 Februari mendatang. Beliau menekankan pentingnya pemahaman hak suara sebagai pengaruh langsung dalam pembangunan bangsa dan negara

Abdusy Syakur menekankan bahwa generasi Z, yang mayoritas merupakan pemilih baru, harus menghindari golput. Beliau juga mengimbau agar generasi ini memahami betapa krusialnya penggunaan hak suara dalam menentukan arah kebijakan pembangunan.

Abdusy Syakur mengungkap keprihatinannya terhadap tingkat partisipasi generasi Z yang mungkin belum optimal. Meskipun mayoritas baru pertama kali memiliki kesempatan menjadi pemilih, banyak di antara mereka yang belum menyadari betapa pentingnya peran dalam menentukan arah kebijakan.

“Dalam beberapa survei, tingkat partisipasinya dikhawatirkan tidak optimal. Sebagai pimpinan di perguruan tinggi, saya mengimbau untuk aktif menggunakan hak pilih dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Saya juga menghimbau anak-anak mahasiswa untuk mendaftarkan diri sebagai penyelenggara di TPS,” tambahnya.

Rektor Abdusy Syakur juga menyoroti pentingnya penyelenggaraan Pemilu yang memiliki karakter berintegritas sesuai dengan undang-undang nomor 7 tahun 2017. Beliau memberikan peringatan agar semua pihak saling mengingatkan untuk menghindari kelalaian yang dapat merugikan proses demokrasi.

“Ada dua hal penting, yakni partisipasi pemilih dan penyelenggaraannya. Dalam undang-undang disebutkan bahwa Pemilu harus diselenggarakan dengan kegiatan yang memiliki karakter berintegritas. Kita harus saling mengingatkan agar tidak ada kelalaian yang dapat mengganggu proses Pemilu,” tegas Abdusy Syakur kepada awak media, Senin, 15 Januari 2024.

Rektor mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan mengingatkan agar Pemilu berjalan sesuai aturan.

“Jangan Golput! Pergunakanlah hak pilih dengan cerdas serta penuh tanggung jawab, karena pilihanmu menentukan masa depan bangsa dan negara,” pungkas Abdusy Syakur, menegaskan pentingnya peran setiap pemilih dalam menjaga integritas proses demokrasi di tanah air.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

PDAM Tirta Intan Garut Berikan Pemberitahuan Gangguan Pelayanan Sementara Distribusi Air

Nelayan Terseret Ombak di Pantai Cicula Garut Ditemukan Meninggal