in

Panwascam Samarang Gelar Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Masa Kampanye Pemilu 2024

Panwascam

GARUTEXPO– Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan(Panwascam) Samarang dalam rangka mengevaluasi tahapan hajat demokrasi lima tahunan menggelar Publikasi dan Pengawasan masa Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Cafe Monteres, pada hari Sabtu (27/1/2024).

Ketua Panwascam Samarang Shapwan Saleh mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah penting dalam menjaga integritas dan demokrasi selama Pemilu 2024 berlangsung khususnya dalam masa tahapan kampanye di Kecamatan Samarang.

Selain itu kegiatan ini dalam rangka mendorong partisipasi para pemilih yang bermartabat dari masyarakat dalam proses pemilihan umum 14 Februari 2024 mendatang.

“kegiatan di laksanakan bentuk upaya dalam evaluasi kinerja dalam memaksimalkan kinerja serta pemahaman terhadap peraturan per undang-undangan, peraturan KPU dan Per Baswalu”, pungkas Shapwan saleh.

Lutfi Arsyad Kordiv HP2HM menambahkan semua peserta pemilu dapat melaksanakan kegiatan masa-masa kampanye dengan tertib dan mematuhi aturan yang berlaku.

“Begitu pula kepada para PTPS, PKD dalam menjalankan aktivitas pengawasannya harus selalu mematuhi regulasi aturan dan perundang-undangan yang ada yaitu Per KPU dan Per Bawaslu,” harapnya.

Lanjut Lutfi Arsyad menyampaikan kesiapan Panwascam Samarang beserta PKD dari 13 Desa telah siap untuk mengawal hajatan pesta demokrasi dari mulai tahapan pelaksanaan kampanye hingga selesai nanti. Diketahui tahapan kampanye saat ini sedang berlangsung yaitu pada tanggal 28 November 2023 hingga tanggal 10 Februari 2024 dan saat ini memasuki kampanye terbuka melalui media masa dan media sosial.

“Saya berharap dengan rakor publikasi ini, seluruh jajaran Panwascam Samarang dan PKD di 13 Desa, dapat memahami segala bentuk peraturan undang-undangan terkait pemilu, sehingga dapat meminimalisir bentuk pelanggaran saat kampanye digelar, sehingga pelaksanaan pemilu di wilayah Kecamatan Samarang dapat berjalan dengan aman, lancar, sukses tanpa ekses dan berintegritas,” pungkas Lutfi Arsyad.

Sementara Budi Rahmat menambahkan, jumlah laporan pelanggaran saat ini dipastikan tidak ada, karena Panwascam, PKD begitu ketat disaat mengawasi aktivitas kampanye yang sedang berlangsung.

Dia menambahkan, pada puncak pelaksanaannya nanti yaitu di saat pencoblosan kertas suara seluruh PTPS sudah siap guna mengawasi kegiatan di 240 TPS yang ada di wilayah Panwascam Samarang.
“ada 240 TPS tersebar di 13 Desa dan Petugas PTPS dan PKD juga Panwascam sudah siap mengawasi pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu 2024,” tandasnya.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Panwascam Samarang Gelar Rapat Koordinasi Terkait Pengawasan Logistik Pemilu 2024

Pemkab Garut Alokasikan Dana 1 Milyar Rupiah untuk Pembangunan GOR PTMSI