in

Pemerintah Garut dan Sue Machi Jepang Menandatangani MoU untuk Kerja Sama Penyaluran Tenaga Kerja

Machi Jepang

GARUTEXPO– Pemerintah Kabupaten Garut dan Pemerintah Kota Sue Machi Jepang telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang bertujuan untuk membangun kerja sama strategis dalam penyaluran tenaga kerja. Acara penandatanganan MoU tersebut berlangsung di Ruang Pamengkang Pendopo Garut pada Senin (22/4/2024).

Menurut Bambang Hafidz, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda Kabupaten Garut, pemerintah Jepang saat ini menghadapi kebutuhan akan tenaga kerja, terutama di sektor kesehatan. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan bagi para tenaga kerja yang akan ditempatkan di Jepang.

“Hari ini juga mereka langsung ke STIKES untuk menindaklanjuti kerja sama untuk pengadaan tenaga kesehatan,” ucap Bambang.

Walikota Sue Machi, Shuichi Hiramatsu, menyatakan ketertarikan pihaknya untuk bekerja sama dengan Garut agar anak-anak muda di Kabupaten Garut bisa bekerja di Jepang khususnya di Kota Sue Machi. Kerja sama ini tidak hanya mencakup penyaluran tenaga kerja, tetapi juga bidang kebudayaan, pariwisata, dan lainnya.

“Nanti kerja sama itu selain tenaga kerja itu ada kebudayaan, pariwisata, dan lain-lain, nanti setelah itu mungkin antara Garut dan Kota Sue di sana tiap-tiap penanggung jawabnya ada ditunjuk nanti untuk bisa komunikasi langsung,” ucapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Garut, Muksin, menyoroti tantangan lapangan pekerjaan yang terbatas di Kabupaten Garut. Upaya peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) menjadi salah satu strategi untuk membantu para tenaga kerja mendapatkan pekerjaan, khususnya di luar negeri.

Setelah penandatanganan kerja sama, pihak Pemerintah Kota Sue Machi Jepang melanjutkan kunjungannya ke Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Karsa Husada, di Jalan Nusa Indah, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.(*)

Ditulis oleh Kang Zey

Barnas Adjidin Tegaskan ASN Garut Tingkatkan Kinerja yang Bener

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Intan Garut Dorong Karyawan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pasca Ramadhan