in

Manfaat Umbi Garut untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Umbi Garut

Ada berbagai manfaat umbi Garut yang baik untuk kesehatan tubuh. Pangan lokal ini tidak kalah manfaatnya dari berbagai pangan impor yang menjamin imunitas tubuh terjaga dengan baik.

Umbi atau tanaman yang terdapat di tanah merupakan makanan pengganti nasi bagi para pelaku diet. Selain cocok sebagai kudapan pokok, umbi-umbian seperti singkong, kentang, ubi, dan sebagainya juga sangat cocok dijadikan camilan ketika waktu santai.

Daftar Isi

Manfaat Umbi Garut

Garut merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki beragam potensi untuk dikembangkan. Salah satunya ada berbagai manfaat umbi Garut yang baik untuk tubuh manusia, seperti berikut:

1. Baik untuk Lambung

Penderita asam lambung bisa mengonsumsi makanan satu ini karena dapat menetralkan pH dengan baik. Ketika pH lambung seimbang maka tidak akan terasa perih atau mual yang biasanya dialami oleh para penderita maag.

Kandungan pati resisten di dalamnya menjadikan sumber makanan ini sebagai prebiotik yang juga bagus untuk pencernaan. Ketika sampai di usus maka makanan akan menjadi probiotik atau bakteri baik yang memberikan kesehatan pada kondisi tubuh.

Baca Juga : 11 Manfaat Jagung untuk Kesehatan, Efektif Tingkatkan Imun hingga Kecantikan!

2. Mencegah Anemia

Adapun manfaat umbi Garut lainnya adalah untuk pencegahan kurang darah atau anemia yang membuat tubuh lemas. Penderita anemia akan kesulitan untuk melakukan aktivitas karena kadar darah dalam tubuh tidak seimbang, bahkan berpotensi pingsan kapan saja.

Orang yang menderita anemia dan sedang hamil biasanya akan diberikan vitamin penambah darah. Kamu juga bisa mengupayakan cara alami dengan mengonsumsi sumber pangan dari salah satu tanah di Jawa Barat ini.

3. Meningkatkan Imunitas

Daya tahan tubuh yang menurun menjadi alasan seseorang mudah terjangkit penyakit. Beberapa orang bahkan mengalami dampak serius dari kurangnya daya tahan tubuh sampai harus mendapatkan penanganan medis secara serius.

Antisipasi sebelum mengonsumsi obat-obatan medis atas anjuran dokter, kamu bisa mencegahnya terlebih dahulu. Salah satu manfaat umbi Garut yang terbaik adalah meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal.

4. Mengobati Luka Bakar

Bukan hanya bermanfaat untuk penyakit dalam, pangan khas Garut ini juga berguna untuk mengobati luka bakar. Pemanfaatannya dengan cara mengambil sari-sari umbi setelah diparut halus.

Air perasan dipisahkan kemudian umbinya bisa ditempelkan pada area kulit yang terbakar. Semakin sering perawatannya maka semakin besar luka bakar bisa tertutupi secara sempurna.

5. Menyehatkan Otak

Ada juga manfaat umbi Garut tidak kalah penting lainnya, yakni untuk menyehatkan otak. Otak yang sehat lebih mudah menangkap pelajaran sehingga bagi para siswa bisa mendapatkan nilai bagus di sekolah.

Otak yang sehat juga membuat pengonsumsinya lebih mudah fokus serta menanggapi segala permasalahan dengan tenang. Kesehatan otak berpengaruh kepada kesehatan seluruh tubuh sehingga aktivitas bisa dijalankan dengan baik.

Baca Juga : 8 Manfaat Herbalife Untuk Kesuburan Kesehatan Kulit dan Diet

6. Baik untuk Ibu Hamil

Terakhir, pangan dari Kota Dodol ini sangat bagus untuk ibu hamil karena dapat menambah darah secara alami. Ibu hamil biasanya mendapatkan rekomendasi vitamin dari tenaga medis, namun jika bisa mengonsumsi bahan alami maka jauh lebih aman dan lebih baik.

Menjaga kehamilan selama 9 bulan lamanya tentu harus memikirkan banyak risiko, tetapi harus tetap tenang juga. Ibu hamil biasanya sulit makan karena mudah merasa mual dan pilih-pilih makanan tertentu saja.

Informasi akurat mengenai pentingnya bahan pangan untuk kesehatan ini bisa menjadi acuan saat kamu memakan umbi dari Garut. Berdasarkan serangkaian manfaat umbi Garut tersebut, kamu memiliki wawasan baru dan bisa mencarinya di Garut langsung.

Jangan lupa, terus update informasi dan pengetahuanmu tentang kesehatan melalui laman Garutexpo.com, ya.

Semoga bermanfaat!

Sumber:

https://www.gramedia.com/best-seller/umbi-garut/#6_Bisa_Dijadikan_Sebagai_Obat_Luka_Bakar
https://bibitbunga.com/kandungan-gizi-serta-khasiat-umbi-garut-bagi-kesehatan-tubuh/

 

Ditulis oleh Admin Garutexpo

Garutexpo.com berupaya memberikan berita dan sajian artikel yang berkualitas untuk kemajuan garut dan teknologi informasi online.

Tiang Lampu PJU di Jalan Kabupaten Wilayah Cibatu Bandrek Hampir Roboh, Warga Minta Perbaikan Segera

SIREKAP Bermasalah, KPU RI Perintahkan Penundaan Sidang Pleno